BagiBuku merupakan salah satu program dari KupuBuku. Program ini bertujuan membantu pengelola perpustakaan sekolah maupun taman baca (selanjutnya disebut #PejuangLiterasi) untuk menambah koleksi buku-buku bacaan di perpustakaannya. Cara kerja BagiBuku berangkat dari ide sederhana ini.

Sejak 2016, KupuBuku sudah beberapa kali mengirimkan donasi buku-buku bacaan ke beberapa sekolah di Papua, Flores, Jawa Barat, Bali dan Jawa Timur. Bahkan, pernah juga kirim ke sekolah untuk anak-anak Indonesia di Sarawak, Malaysia. Namun, usaha ini dirasakan masih kurang bisa menjawab kebutuhan banyak #PejuangLiterasi akan tambahan buku-buku bacaan.

Donasi buku-buku di SD wilayah Gerokgak, Bali

Donasi buku-buku di SD wilayah Gerokgak, Buleleng – Bali.

Singkat cerita, ide crowdfunding (donasi ramai-ramai) diadopsi untuk program donasi buku yang dinamakan BagiBuku. Situs kupubuku.org dialih-fungsikan menjadi situs donasi buku yang mempertemukan para #PejuangLiterasi dan #PecintaLiterasi (individu, komunitas maupun perusahaan yang mencintai dan mau mendukung pengembangan budaya literasi di penjuru negeri). Cara kerja BagiBuku ini sederhana:

  1. #PejuangLiterasi membuat Kampanye BagiBuku di kupubuku.org.
  2. #PecintaLiterasi memilih dan mendukung salah satu atau beberapa Kampanye BagiBuku.
  3. Di akhir periode kampanye, KupuBuku mengirimkan buku-buku donasi ke alamat #PejuangLiterasi yang bersangkutan.
Cara kerja BagiBuku

Cara kerja BagiBuku.

Ketika membuat Kampanye BagiBuku, para #PejuangLiterasi diwajibkan menyusun daftar judul dan jumlah buku yang dibutuhkan perpustakaannya. Dengan demikian, tidak akan ada lagi percakapan ilustrasi seperti ini:

  • Ida (#PejuangLiterasi): Mas, perpustakaan sekolah kami butuh sumbangan buku.
  • Sapto (KupuBuku): Iya, ibu. Butuh buku-buku apa saja?
  • Ida: Apa saja, deh. Terserah mas-nya.
  • Sapto: ????

Kampanye BagiBuku mendorong #PejuangLiterasi untuk tahu perkembangan buku-buku yang diterbitkan dan sedang beredar di pasaran. KupuBuku bekerja sama dengan rekanan penerbit maupun toko buku untuk menyajikan katalog buku terbaru sebagai referensi kawan-kawan #PejuangLiterasi. Dengan demikian, Kampanye BagiBuku mendorong donasi buku-buku baru yang sesuai kebutuhan perpustakaan sekolah maupun taman baca.

Apakah KupuBuku memperoleh manfaat dari Kampanye BagiBuku? Iya, tentu saja. Manfaat paling utama ialah pencapaian visi KupuBuku: semakin banyak sekolah di Indonesia punya perpustakaan yang layak. Semakin banyak perpustakaan sekolah yang layak, diharapkan dapat membekali lebih banyak generasi penerus Indonesia dengan kecakapan literasi yang dibutuhkan pada abad 21.

Manfaat lainnya berkaitan dengan keuangan. KupuBuku memperoleh sekitar 5-10% dari nominal setiap Kampanye BagiBuku. Pendapatan ini dipakai untuk mencukupi biaya operasional supaya program BagiBuku maupun program lainnya (Pustakawan Hebat!) dapat terus berjalan.

Pustakawan SD Telemung 01, Banyuwangi

Pustakawan SD Telemung 01, Banyuwangi.

Baiklah, apa perpustakaan sekolah atau taman baca Anda masih butuh tambahan buku-buku bacaan? Langsung saja daftarkan diri di kupubuku.org. Daftarnya cukup sekali, dan GRATIS! Setelah itu, Anda bisa buat Kampanye BagiBuku berkali-kali.

Donasi buku untuk anak-anak.

Donasi buku untuk anak-anak.

Atau, Anda salah satu dari sekian banyak #PecintaLiterasi? Silakan kunjungi halaman Kampanye BagiBuku yang dibuat oleh para #PejuangLiterasi untuk mengembangkan perpustakaan sekolah maupun taman baca di seluruh Indonesia. Pilih dan dukung kampanye yang Anda minati.