Melengkapi Formulir Kampanye BagiBuku

Mengisi form pendaftaran kampanye BagiBuku

Pendaftaran awal sudah selesai. Verifikasi pendaftaran sudah beres. Materi kampanye sudah disiapkan. Login ke halaman Panel sudah bisa. Sekarang, lanjut dengan melengkapi formulir pendaftaran Kampanye BagiBuku.

Form pendaftaran Kampanye BagiBuku terdiri atas 2 bagian utama. Bagian pertama berisi 18 kolom tentang kampanye. Bagian kedua merupakan tambahan 6 kolom tentang hadiah untuk donor. Untuk melengkapi formulir ini, Anda harus login dulu dan masuk ke halaman Panel. Pilih tab Kampanyeku dan klik tombol Buat Kampanye.

Tampilan form pendaftaran Kampanye BagiBuku

Tampilan form pendaftaran Kampanye BagiBuku.

Kita akan lihat satu per satu isian formulir kampanye BagiBuku:

  1. Judul Kampanye.
    Masukkan judul kampanye yang singkat dan menarik di kolom ini.
  2. Keterangan / Kisah Kampanye.
    Ceritakan lebih lanjut tentang kampanye Anda di sini, misalnya: kondisi perpustakaan sekolah atau taman baca, jumlah pengunjung, mengapa perlu membuat Kampanye BagiBuku. Buatlah ke dalam tulisan 2-3 paragraf.
  3. Ringkasan Kampanye.
    Keterangan singkat tentang kampanye Anda. Buatlah ke dalam tulisan 1 paragraf, sekitar 2-3 kalimat. Ringkasan kampanye ini akan ditampilkan di bawah foto profil kampanye.
  4. Kategori.
    Pilih kategori yang sesuai dengan kampanye Anda: Perpustakaan Sekolah atau Taman Baca. Untuk kategori Perpustakaan Sekolah, jelaskan lagi kategori yang sesuai: SD/MI, SMP/MTs, atau SMA/SMK/MA.
  5. Tag.
    Bisa diisi dengan frase berikut: Donasi buku, Perpustakaan sekolah, Taman baca, Bali (atau lokasi kampanye Anda).
  6. Gambar.
    Klik Upload Image dan pilih gambar yang akan diunggah. Gambar ini akan dijadikan foto profil kampanye. Siapkan gambar dengan dimensi 640 x 400 piksel. Ukuran file kurang dari 200kb.
  7. Video.
    Bila Anda punya video tentang lokasi atau kondisi tempat kampanye yang sudah online, masukkan alamat tautannya (link) di sini. Bila belum ada, bagian ini bisa dikosongkan.
  8. Tanggal Mulai.
    Masukkan tanggal mulai kampanye.
  9. Tanggal Akhir.
    Masukkan tanggal akhir kampanye. Durasi kampanye disarankan tidak kurang dari 3 bulan dan tidak lebih dari 12 bulan.
  10. Donasi Minimum.
    Masukkan jumlah donasi minimum yang bisa dimasukkan donor, misal: 50000. Format penulisan angka disambung, tidak dipisahkan dengan titik atau koma.
  11. Donasi Maksimum.
    Masukkan jumlah donasi maksimum yang bisa dimasukkan donor. Bagian ini bisa diisi sesuai dengan target donasi, misal: 5000000. Format penulisan angka disambung, tidak dipisahkan dengan titik atau koma.
  12. Donasi yang Disarankan.
    Masukkan jumlah donasi yang sebaiknya dikirimkan oleh donor, misal: 100000. Jumlah donasi ini bisa lebih besar daripada donasi minimum, tetapi lebih sedikit dari donasi maksimum.
  13. Target Donasi.
    Masukkan jumlah donasi yang akan dikumpulkan. Jumlah ini diperoleh dari daftar judul dan jumlah buku yang dibutuhkan. Silakan lihat katalog dari rekanan penerbit dan toko buku untuk melihat judul buku dan harganya.
  14. Penyelesaian Kampanye.
    Pilih cara penyelesaian kampanye, antara lain:

    • Target Donasi, kampanye berakhir bila target donasi tercapai.
    • Target Tanggal, kampanye berakhir bila tanggal akhir sudah tercapai.
    • Target Donasi & Tanggal, kampanye berakhir bila target donasi dan tanggal akhir tercapai.
    • Kampanye Tiada Akhir, tidak ada batasan akhir kampanye.

    Anda disarankan untuk memilih Target Tanggal. Ketika tanggal akhir tercapai, maka berapapun donasi yang terkumpul akan digunakan untuk belanja buku.

  15. Tabel Donor.
    Beri tanda centang untuk menampilkan Daftar Donor di halaman kampanye.
  16. Nama Donor Dirahasiakan.
    Apabila bagian ini dicentang, maka semua donor akan ditampilkan dengan “Nama Dirahasiakan.” Jangan centang bagian ini bila ingin menampilkan nama donor satu per satu. Meskipun begitu, donor masih bisa memilih apakah namanya mau dirahasiakan atau ditampilkan di Daftar Donor.
  17. Negara.
    Pilih Indonesia.
  18. Lokasi.
    Sebutkan nama sekolah atau taman baca di bagian ini. Disertai dengan nama kabupaten/kotamadya dan provisi. Contoh format pengisian: SDN 2 Anu, Denpasar, Bali.

Selesai dengan bagian pertama, masih ada bagian kedua tentang hadiah untuk donor. Harap diperhatikan bahwa bagian ini tidak harus diisi. Bila Anda punya cinderamata atau hadiah untuk donor yang menyumbang dengan jumlah donasi tertentu, maka bagian ini sebaiknya diisi.

Tampilan form hadiah Kampanye BagiBuku

Tampilan form hadiah Kampanye BagiBuku.

Kita lihat dulu apa saja isian bagian kedua ini:

  1. Jumlah Donasi.
    Masukkan jumlah donasi yang akan mendapat hadiah, misal: 500000. Format penulisan angka disambung, tidak dipisahkan dengan titik atau koma.
  2. Gambar Hadiah.
    Klik Upload Image dan pilih gambar hadiah yang akan diunggah. Siapkan gambar dengan dimensi 640 x 400 piksel. Ukuran file kurang dari 200kb.
  3. Hadiah.
    Ceritakan sekilas tentang hadiah tersebut, misalnya tentang asal-mula hadiah tersebut atau cara pembuatannya.
  4. Bulan Kirim.
    Pilih bulan pengiriman hadiah.
  5. Tahun Kirim.
    Pilih tahun pengiriman hadiah. Disarankan untuk memilih bulan dan tahun kirim paling lambat 3 bulan setelah kampanye berakhir supaya ada tenggat waktu untuk pengiriman buku-buku donasi ke tempat Anda.
  6. Jumlah Hadiah.
    Masukkan jumlah hadiah yang tersedia untuk jumlah donasi ini, misal: 1, 2 atau 4. Jumlah hadiah sebaiknya tidak melebihi hasil perhitungan Target Donasi dibagi Jumlah Donasi.
  7. Bila masih ada lagi hadiah tambahan, maka klik tombol + Tambah.

Setelah semua kolom terisi, pastikan untuk mencentang bagian Saya setuju dengan Syarat dan Ketentuan. Setelah itu, klik tombol Kirim Kampanye.

Tombol Kirim Kampanye

Tampilan tombol Kirim Kampanye.

Tim KupuBuku akan memeriksa setiap kampanye yang masuk. Bila tidak ada kolom yang terlewat atau semuanya sudah jelas, maka Kampanye BagiBuku Anda akan segera ditampilkan di situs KupuBuku.

Bila masih ada informasi yang dibutuhkan untuk mengirim Kampanye BagiBuku, silakan hubungi Tim BagiBuku. Kami siap membantu!

 

Bagikan juga di:

Tulis komentar