Persiapan Materi Kampanye BagiBuku

Persiapan materi kampanye bagibuku

Sementara Anda menunggu verifikasi pendaftaran di Situs KupuBuku, ada baiknya untuk mulai mempersiapkan materi Kampanye BagiBuku. Begitu proses verifikasi selesai, Anda bisa langsung membuat Kampanye BagiBuku. Apa saja yang perlu disiapkan?

Kampanye BagiBuku hanya bisa dilakukan oleh anggota situs KupuBuku yang sudah diverifikasi. Tahap awal dimulai dengan mendaftarkan diri. Kemudian, kirim softcopy KTP dan pasfoto ke email [email protected]. Tim KupuBuku akan memverifikasi pendaftaran Anda. Sambil menunggu proses verifikasi, Anda sudah bisa mempersiapkan 7 bagian materi kampanye berikut:

  1. Judul kampanye.
    Pikirkan judul kampanye yang singkat dan menarik minat pembaca, misal: Buku Bahagiakan Siswa dan Guru; Dengan Buku, Kami Bangun Dunia.
  2. Sinopsis kampanye.
    Siapkan 2-3 kalimat, sekitar 30-50 kata, untuk menjelaskan kampanye yang sedang Anda buat. Sinopsis ini diharapkan dapat membantu para pembaca segera mengenali tujuan kampanye.
  3. Deskripsi atau kisah kampanye.
    Jelaskan lebih lanjut tentang kampanye yang Anda buat ke dalam 2-3 paragraf (250 kata). Di sini Anda bisa menceritakan tentang sekolah atau taman baca yang Anda wakili, tipikal pengunjung, tantangan yang dihadapi selama ini.
  4. Foto profil kampanye.
    Siapkan 1 foto yang bisa menggambarkan lokasi perpustakaan sekolah atau taman baca. Dimensi foto disarankan 640 x 400 pixel. Ukuran file foto kurang dari 200kb.
  5. Daftar buku yang dibutuhkan.
    Ini adalah keunikan Kampanye BagiBuku. Anda harus menentukan judul dan jumlah buku yang dibutuhkan; tidak hanya pasrah menerima buku donasi apa saja. Untuk referensi judul buku di pasaran, silakan lihat katalog buku rekanan penerbit dan tokobuku. Daftar judul dan jumlah buku akan ditampilkan pada bagian update kampanye.
  6. Hitung biaya kampanye.
    Setelah judul dan jumlah buku ditentukan, Anda bisa menghitung kebutuhan kampanye dengan melihat daftar harga buku yang bersangkutan di website rekanan penerbit dan toko buku. Gunakan harga sebelum diskon untuk dasar perhitungan biaya kampanye. Selisih harga diskon ini akan dipakai untuk ongkos kirim buku ke lokasi perpustakaan atau taman baca.
  7. Hadiah kampanye.
    Hadiah ini tidak wajib. Anda boleh menyediakan hadiah bagi donor yang memberi donasi dalam jumlah tertentu, misalnya: Rp 1.000.000. Bila Anda mau memberi hadiah untuk donor istimewa, siapkan juga deskripsi dan foto hadiah.

Formulir Pendaftaran Kampanye BagiBuku masih lebih banyak dari 7 isian di atas. Ketujuh isian ini merupakan bagian yang butuh lebih banyak waktu buat memilih buku dan berhitung. Selesai dengan 7 bagian ini, Anda akan lebih mudah melengkapi formulir pendaftaran kampanye. Baca juga Tips Membuat Kampanye BagiBuku untuk membantu perhitungan biaya kampanye.

 

Bagikan juga di:

Tulis komentar