Perpustakaan KupuBuku

KupuBuku dibentuk di Surabaya, pada 20-10-2010. KupuBuku sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, serta disahkan sebagai Yayasan melalui Surat Keputusan no. AHU-4867.AH.01.04.2011.

Kelahiran KupuBuku didorong oleh sebuah impian untuk melihat semakin banyak sekolah di Indonesia punya perpustakaan yang layak. Untuk mewujudkan impian ini, KupuBuku menyelenggarakan dua program utama, yaitu: BagiBuku dan Pustakawan Hebat!.

Awal tahun 2016, KupuBuku membuka sebuah perpustakaan mini di Denpasar. Perpustakaan ini terbuka bagi warga sekitar, GRATIS. Anak-anak sekitar memanfaatkan ruang Perpustakaan KupuBuku untuk membaca dan bermain. Dari ruangan ini, secara pelan dan pasti, KupuBuku berjuang mewujudkan impian: semakin banyak sekolah di Indonesia punya perpustakaan yang layak.

KupuBuku juga melihat bahwa taman baca ikut berperan aktif dalam menggerakkan literasi di penjuru negeri. Keberadaan taman-taman baca ini pada umumnya mengisi ketiadaan perpustakaan sekolah yang layak. Seiring perjalanan waktu, KupuBuku memperluas cakupan layanannya dengan menggandeng para pengelola taman baca di seluruh nusantara.

Jumpa KupuBuku

Tim inti KupuBuku saat ini masih terdiri atas 3 orang. Selain mereka, KupuBuku juga banyak dibantu oleh para relawan.

Sapto

Trainer & IT
Menyampaikan pelatihan Pustakawan Hebat!. Mengelola website KupuBuku supaya tetap berfungsi.

Anita

Admin Umum
Menjalin hubungan dengan sekolah dan penerbit buku. Mengurusi seluk-beluk administrasi KupuBuku.

Pipit

Akunting & Keuangan
Mencatat setiap transaksi lalu lintas keuangan KupuBuku. Menyajikan laporan keuangan dengan cantik.