Pustakawan Hebat

Pada tahun 2011, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia telah merumuskan Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Standar ini menjelaskan komponen ideal sebuah perpustakaan yang terdiri atas: ruangan, perabot dan perlengkapan, serta koleksi buku. Pada tahun 2012, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) juga meluncurkan standar kompetensi bagi pustakawan. KupuBuku merujuk pada dua standar ini dalam mewujudkan impian semakin banyak sekolah punya perpustakaan yang layak.

Guna mewujudkan impian ini, KupuBuku menyelenggarakan dua program utama berikut:

BagiBuku

BagiBuku bertujuan menambah koleksi buku-buku bacaan di perpustakaan sekolah maupun taman baca. Program ini memanfaatkan kupubuku.org sebagai media crowdfunding (donasi ramai-ramai) dengan menghubungkan: pustakawan sekolah atau pengelola taman baca, penerbit buku, dan para donor.

Pustakawan sekolah atau pengelola taman baca dapat membuat Kampanye BagiBuku di kupubuku.org untuk mempromosikan kebutuhan tambahan buku-buku bacaan bagi perpustakaannya. Dalam kampanye ini, Pembuat Kampanye akan diminta untuk menjelaskan judul buku dan jumlah eksemplar yang dibutuhkan. Rekanan Penerbit Buku akan menyediakan katalog judul-judul buku untuk rujukan Pembuat Kampanye. Setelah materi kampanye tampil di kupubuku.org, donor bisa langsung pilih dan dukung salah satu atau beberapa Kampanye BagiBuku sekaligus. 

Karena bersifat crowdfunding dan online, donor BagiBuku bisa berasal dari mana saja (dalam maupun luar negeri) dan siapa saja (perorangan maupun perusahaan). BagiBuku membuat donasi buku makin jitu. Tepat penerimanya. Tepat pula judul buku yang didonasikan.

Pustakawan Hebat!

Pustakawan Hebat! merupakan program pelatihan kepustakawanan praktis. Program ini ditujukan bagi guru atau staf yang ditugaskan untuk mengelola perpustakaan sekolah, meskipun tidak punya latar belakang pendidikan bidang perpustakaan.

Pelatihan Pustakawan Hebat! terdiri atas 2 kelas berikut:

  • Kelas Dasar
    Kelas Dasar dirancang bagi tenaga perpustakaan sekolah yang sama sekali belum pernah mengikuti pelatihan kepustakawanan. Kelas ini juga sesuai bagi perpustakaan sekolah yang akan dikelola secara manual karena jaringan listrik setempat masih belum memadai. Materi pelatihan Kelas Dasar meliputi: Pengantar Kepustakawanan, Pengolahan Bahan Pustaka, dan Layanan Sirkulasi.

  • Kelas SLIMS
    Kelas SLiMS ditujukan bagi tenaga perpustakaan sekolah yang ingin menggunakan program SLiMS (Senayan) untuk meningkatkan kinerja di perpustakaan sekolah. Materi pelatihan ini meliputi: Pengenalan Program SLiMS, Memasang dan Mengenal Konfigurasi Dasar SLiMS, Mengoperasikan SLiMS, Backup Data SLiMS.

Mau tambah buku-buku bacaan untuk perpustakaan sekolah atau taman baca?

Mau tahu sekolah dan taman baca yang masih butuh donasi buku-buku bacaan?

Mau tahu jadwal pelatihan Pustakawan Hebat! yang akan datang dan dekat tempat tinggal Anda?